Pasang Kain Furing Sendiri, Yuk!

Oleh: Wikan Artanti

Membuat tas rajut baik untuk dipakai sendiri, hadiah untuk orang tersayang, atau pesanan pelanggan setia tentu akan memberikan kepuasan tiap kali melihat hasilnya. Apalagi motif dan jenis benang yang bisa dipilih banyak sekali. Tas rajut kamu bisa tampil unik dan cantik.

Nah, tas rajut cantik tentu perlu pelengkap lapisan kain furing agar barang-barang kecil yang kamu bawa, seperti kunci atau pulpen tidak berjatuhan dari sela-sela rajutan. Bagaimana cara memasang kain furing sederhana? Mudah dan cepat, kok. Berikut ini langkah-langkah mudah memasang furing untuk tas rajut. 

Bahan dan alat yang disiapkan:
– tas rajut
– kain furing
– zipper/rits
– gunting kain
– alat jahit (jarum jahit, benang jahit, jarum pentul)
– pita meteran
– pensil untuk menandai kain

Cara:
1. Lipat kain menjadi 2, lalu gunting sesuai ukuran tas dengan dilebihkan sisi kanan kiri untuk jahitan. Sisihkan.

2. Potong pita zipper melebihi lebar bagian atas tas. Pasang kepala zipper lalu pasang zipper pada bagian atas tas, pin dengan jarum pentul. Jahit zipper dengan tusuk jelujur. Usahakan benang jahit tidak tampak dari bagian luar tas. Caranya dengan menjahit di antara stitch rajutan. Jahitan zipper letaknya agak di bawah agar nanti tertutup oleh jahitan kain furing. Sisihkan.

3. Sekarang kita membuat kantong selip di bagian dalam. Lipat kain sisa menjadi 2 bagian. Ukur sesuai besar kantong yg diinginkan dengan dilebihkan kurang lebih 1cm untuk jahitan. Biasanya saya buat ukuran 21cm x 16cm (sudah termasuk lebihan untuk jahitan). Gunting kain. Pasang kain (kantong) ke kain furing yang sudah di gunting tadi, pasang pada RS (right side), kira-kira 8cm dari bagian atas, dan ukur bagian kanan kirinya agar kantong terletak di tengah furing. Pin dengan jarum pentul. Jangan lupa lipatan ada bagian atas. Jahit kantong dengan mesin jahit atau bisa dijahit tangan dengan tusuk tikam agar hasilnya lebih rapat. Jahit pula bagian tengahnya, sehingga kantong terbagi 2 bagian. Pasang kantong selesai.

4. Lipat kain furing, WS (wrong side) di luar. Jahit bagian kanan kiri dgn mesin jahit / tangan dgn tusuk tikam.

5. Pasang kain furing pada tas. Lipat bagian atas kain furing, cek posisi kantong agar jgn terlalu ke atas. Masukkan ke dalam tas, pin dengan jarum pentul bagian atas yang terbuka. Jahit tangan dengan cara seperti pada foto. Usahakan agar hanya sedikit menusuk pd kain furing agar jahitan tdk kelihatan dan jahitan pendek-pendek agar jahitan rapat & awet. Letak jahitan diatas jahitan zipper. Selesaiii.

Ditulis oleh Wikan Artanti
Foto: Wikan Artanti
Instagram: @wikanartanti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: